Thursday, April 24, 2008

Of Sulis and Smilies


TUGAS WAWANCARA RELIGIOSITAS



oleh Ella X2 – 4 dan Vannya S2 -29





Hari Kamis tanggal 24 April 2008, kami melanglang buana di sekitar suatu kompleks ruko di Jakarta Barat dengan modus operandi ‘membidik’ sasaran yang tepat untuk diwawancara guna menyelesaikan tugas Religiositas yang diberikan Ibu Cecil. Setelah celingak-celinguk kanan-kiri dan mempertimbangkan situasi dan kondisi (caelah bahasanya...), kami akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada seorang mbak-mbak penjaga toko roti berwajah hitam manis yang sepertinya senyuuum melulu sepanjang waktu. Karena orangnya kelihatan baik hati, Ella dan Vannya (EV) pun tidak segan-segan lagi melancarkan berderet-deret pertanyaan kepada mbak yang ternyata bernama Sulis Setiawati itu (S), dari yang masih masuk diakal sampai yang agak nekat. Beginilah kisah wawancara mereka dengan Sulis yang sesekali diselingi sang pemilik toko (PT)...





(Fotonya menyusul yaaa...)





*Sebelum wawancara dimulai, Ella dan Vannya menjelaskan kepada pemilik toko mengenai tugas yang diberikan sekolah dan meminta izin untuk mewawancarai salah satu penjaga toko di situ. Kemudian, kami dan Sulis bertukar sapa singkat, dan wawancara pun dimulai.*





EV : Nama panjang mbak siapa ya?



S : *Sambil tersenyum maniiis sekali* Sulis Setiawati...



EV : Berarti mbak orangnya setia dong? *Bermaksud mencairkan suasana*



S : *Senyumnya jadi rada-rada licik* Yaahhh... tergantung konteksnya... hihihihi...



EV : *Jadi agak-agak serem...* Hm... umur mbak sekarang berapa yah?



S : Aaahh... itu mah rahasia dong...



EV : Ayo dong mbak...



S : Yah... tebak saja...



EV : *Nyengir* 40 tahun?



S : *Mukanya campuran antara tersinggung sama syok* Buset!



EV : Hehehehe... 40 tahun dikurang berapa nih mbak?



S : *Tampangnya serius* DITAMBAH 10 tahun.



EV : Tua!!! Serius nih mbak?



S : *Senyumnya manis lagi* 20-an kok...



EV : *Gokil juga nih orang* Pekerjaan mbak sekarang apa ya?



S : Saya pembantu umum di toko... eh, pramuniaga deh, biar kerenan dikit gitu... jadi, saya jagain kasir, nyuci-nyuciin loyang, nyapu lantai, macem-macem deh.



EV : *Oooh ternyata pembantu umum, bukan penjaga toko...* Errr... mbak suka nggak pekerjaan yang dijalani?



*Tiba-tiba, Pemilik Toko (PT) nimbrung*



PT : Awas kalau bilang nggak suka! *Sambil menyeringai penuh ancaman*



S : Wah... ada yang ngancem...



EV : *Jadi agak-agak SWT* Kenapa memilih pekerjaan ini, mbak?



S : Kenapa, ya? Mungkin karena cocok saja dengan pekerjaan yang sebelumnya saya jalani. Lagian, saya juga bisa nyomot roti gratis tiap hari. Hahahaha...



EV : *Whoa. Jadi kepengen* Suka-dukanya dalam pekerjaan apa nih mbak?



S : Banyakan sukanya, sih... misalnya makan roti gratis, gitu...



EV : *Cape deh* Yang lain...?



S : Pokoknya saya merasa senang aja!



EV : Dukanya, mbak?



S : Dukanya... yaahhh... saya kan pulang jalan kaki tuh... capek... apalagi kalau sedang hujan... bechek... gak ada ojhek...



EV : *Ketawa garing dalem hati* ..Emangnya mbak sekarang tinggal di mana?



S : Saya ngekos tuh di Kembangan.



EV : Tinggal ngesot dong mbak?



S : Iya, memang deket.



EV : Kalo boleh tahu, mbak... kira-kira penghasilannya sebulan berapa?



S : Mau yang jujur apa bohong?



EV : *Bingung mau milih yang mana* Yang boong mbak...?



S : Kira-kira Rp 750.000,- per bulan deh.



EV : Yang benernya?



PT : Rahasia perusahaan.



S : Yah, pokoknya yang ‘bener’nya itu penghasilan yang ‘boong’ dikurang yang buat pajak... Huhuhuhu...



EV : *Males ngitung, jadi ya sudahlah* Penghasilan mbak itu cukup nggak buat hidup sehari-hari?



S : Lebih dari cukup, malah. Soalnya saya nggak boros orangnya...



EV : *Bisa narsis juga!?* Keluarga mbak tinggal di mana, ya?



S : Di Bogor...



EV : Ada siapa aja, mba? Ayah, Ibu, Kakak, Ade, atau mungkin... *nyengir* suami?



S : Yaelah! Saya single kok... ehm, Ayah Ibu saya masih idup... ada adek, cewek dan cowok, ada kakak juga... lengkap deh pokoknya...



EV : Ada yang kerja, selaen mbak?



S : Ada... ade saya, yang lebih muda setahun...



EV : Keluarga mbak hidup berkecukupan?



S : Makmur kok. Sejahtera. Harmonis. Hehehe... pokoknya cukuplah...



EV : *Tanpa sadar ikut ketawa* Hehehehe... waktu kecil ada cita-cita apa nih mbak?



S : *Mendadak ketawa ngakak* Ahahahah... waktu kecil sih saya mau jadi selebritis... biar dikenal orang... hahahahah...



EV : *Iseng* Kok nyasarnya ke sini, mbak?



S : Saya ditolak. Maklum, belum jodoh...



EV : *Okaaay?* Sekarang cita-citanya masih itu, mbak? Atau sudah berubah?



S : *Muka khidmat* Pengen jadi orang yang berguna buat orang lain... cita-cita yang mulia, kan?



EV : Caelaaahhh...



S : Ada satu lagi... saya pengen ngebahagiain orangtua saya... sampai naik haji nanti...



EV : Amiiiinnn... kita doain deh mbak. Sekarang masalah kehidupan nih mbak... ada suka duka dalam hidup mbak?



S : Sukanya... saya punya banyak temen. Hehehehe... kebanyakan cowok lho...



EV : Wah, laku!



S : Lah kan calon selebritis... gimana toh?



EV : *Hooh. Iya deh, apa aja...* Hehe... dukanya, mbak?



S : Kalau cari makan susaaahhh...



EV : Hah... susah gimana, mbak?



S : Saya khan pulangnya malem tiap hari... ga ada transportasi... karena jauh, saya males jalan ke tempat makanannya... Hahahaha...



EV : *Buset, ternyata cuma karena males jalan kaki!?* Mbak punya motto nggak dalam menjalani kehidupan...?



S : Hmmm... apa yaa... ada deh! Maju tak gentar!



EV : Itu bukannya lagu, ya, mbak?



S : Hehe... ini aja deh... tersenyumlah buat semua orang-



PT : *Nimbrung* Gila dong...



S : Hahahaha...



EV : Hihihihi...



PT : Huhuhuhu...



(Ini kejadian beneran lho)



Setelah acara haha-hihi-huhu-hehe-hoho selesai, Sulis pun melanjutkan...



S : Jadi... tersenyumlah buat semua orang, karena senyum itu ibadah. Ada lagi yang mau ditanyain?



EV : *Pantes dia suka senyum banget* menurut mbak, kelebihan dan kekurangan mbak itu apa?



S : Kelebihan yaaa... saya teman curhat yang baik lho...



EV : Oh ya?



S : Iya... banyak yang suka curhat ke saya, terus saya juga yang kasih nasehat... haha...



EV : Kekurangannya?



S : Saya orangnya cerewet.



EV : *Ketawa*



S : Yeee... boleh dong?



EV : Ahaha... iya boleh, boleh... Ada kendala nggak dalam pekerjaan dan kehidupan?



S : Kendalanya yaaa... saya suka males bangun pagi...



PT : Kayaknya masalah kamu semuanya males jalan kaki, males bangun pagi... gimana sih?



S : Ahahaha... *balik lagi ke kita* Saya juga sering digodain sama tukang bangunan yang di pinggiran jalan tuh...



EV : *Bercanda* Kan selebriti, mbak?



S : Hahaha...



EV : Ada kendala dalam keluarga, mbak? Atau kendala ekonomi?



S : Keluarga saya biasa-biasa saja... masalah ekonomi juga nggak ada yang serius... saya orangnya nggak pernah nganggep serius masalah.



EV : Apa pendapat mbak tentang kenaikan harga BBM?



S : Biasa aja... saya nggak pakai alat transportasi apa-apa sih. Hidup jalan kaki!



EV : Hehehe... tolong beri pesan dan kesan buat anak muda dong mbak...



S : Hmmmm... apa yaaa...? Itu aja deh... *dengan nada mantap* Say No To Drugs!



EV : *Cape -lagi- deh* Oke deh mbak. Makasih ba-



S : Sekarang saya balik nanya...



EV : *Lholholholhoooo!?* Heeh, mbak?



S : Gimana kesan dan pesan kalian setelah ngewawancarain saya?



EV : *Jawab jujur aja kali ya?* Errr... mbak orangnya lucu... trus kesannya nggak ada masalah idup sama sekali gitu lho mbak...



S : Hahahaha...



EV : Okeeee... makasih banget ya mbak atas waktunya... ntar masuk internet lho mbak...



S : Makasih kembali... *tersenyum manis*



EV : Dadaaaahhh!!!



S : Daaaahh...





Setelah mewawancarai Sulis, Ella dan Vannya pun berjalan keluar toko dengan sebuah pertanyaan di hati: kok bisa ya ada orang se-easy going itu? Yah, cuma Tuhan yang tahu...



Buat temen-temen yang penasaran, insan langka bernama Sulis Setiawati yang suka tersenyum ini bisa ditemukan di Toko Premier, Jalan Pulau Bira blok D1 no. 12A, Taman Permata Buana, Jakarta Barat.









No comments: