Friday, April 25, 2008

Refleksi Rosa X2/26 (Satu Jam Bersama Si Udin)

Setelah mewawancarai si Udin, jujur saya cape berat dengan pernyataan-pernyataannya yang gokil. Haha.. Tapi itu benar-benar membuktikan bahwa di kala ia sedang susah, banyak pekerjaan menumpuk, namun dia tetap ceria dan bisa bergokil ria. Saya sadar sendiri jadinya kalau selama ini saya cepat putus asa, senewen, cepat stress untuk masalah yang sebenarnya dapat diatasi dengan baik. Kalau tugas menumpuk langsung mengeluh. Kalau banyak ulangan langsung senewennya keluar. Padahal coba kita lihat ke si Udin. Dia bekerja selama 8 jam dalam 6 hari itupun belum ditambah dengan capeknya pulang pergi ke rumahnya yang 2 jam-an. Kalau diitung-itung sih, saya sama dia ya sama juga lah. Sekolah ya kira-kira 7.5 jam trus saya pulang ke rumah bisa nyampe 2 jam-an juga sih kalau macet berat. Tapi kalau hari Sabtu, saya kan nggak nyampe segitu. Wah, salut deh buat si Udin. Dia tetap menghadapi semuanya ini dengan bergokil ria dengan santai. Tidak dibawa stress. Dan memang sepertinya hari-harinya dia bawa hanya untuk bekerja karena katanya dia udah nggak sempet kalo nggambar. Tapi walaupun kayak gitu, dia tetep aja masih punya harapan ingin jadi pelukis, ingin jadi dokter, bahkan ingin jadi presiden. Talentanya dia itu yang jago nggambar sebenernya kan bisa aja dia kembangin lagi cuman ya itu masalah biaya katanya. Nggak seperti saya yang mungkin dikasih talenta yang banyak sama Tuhan dan mungkin hidup juga udah berkecukupan tapi saya malah nggak saya kembangin dan malah sering bermalas-malasan. Lagi-lagi salut deh buat si Udin. Hmm terus apa lagi yah? Oh, iya mengenai pendidikan juga tuh. Si Udin hanya bisa namatin sekolahnya sampai SMP, tapi saya sekarang aja udah kelas 1 SMA. Harusnya saya lebih bersyukur lagi karena masih bisa melanjutkan sekolah sampai sekarang. Terus dia juga mesti bekerja dan mana gajinya juga pas-pasan lagi buat biaya hidupnya. Jadi mesti diatur juga pengeluarannya. Sedangkan saya, terkadang hanya minta juga udah bisa dikasih. Dan terkadang kalau misalnya yang diinginin nggak kecapai jadi mengeluh, ngambek. Lewat si Udin, mungkin saya jadi disadarkan sama Tuhan supaya jangan mengeluh, harus selalu mensyukuri pemberiaan-Nya, ga boleh juga cepet putus asa karena semuanya pasti udah diatur sama Dia yang selalu memberikan yang terindah pada waktunya. Ya buktinya si Udin, seenggaknya dia kan dapet pekerjaan tuh. Halal lagi, walaupun gaji pas-pasan tapi dia tetep happy-happy aja tuh dan menerima semua pemberian Tuhan.

No comments: