Monday, April 21, 2008

Hasil wawancara Angela dan Rebekha, X-2 no 1 dan 21



Pada hari Senin, 21 April 2008, kami pergi ke Tanah Abang Blok A untuk melakukan wawancara dalam rangka memenuhi tugas religiositas yang diberikan oleh Bu Cecil untuk mengisi liburan. Kami mengunjungi sebuah toko kain Buditex. Kami bertanya pada seorang pria yang sedang menjaga toko tersebut tentang kehidupannya. Inilah hasil wawancara kami.

A & R: Permisi pak.

Heru: Ya? Ada apa de? Mau beli kain?

A & R: Boleh ganggu sebentar ga, pak? Kami ada tugas wawancara dari sekolah. Bapak bersedia kami wawancarai?

Heru: Boleh kok..Mau nanya apa,de?

A & R: Nama lengkap Bapak siapa?

Heru: Heru aja..

A & R: Bapak asalnya dari mana?

Heru: Dari Jawa Tengah..

A & R: ooo,,, kalau boleh tau, bapak umur berapa?

Heru : mmm..saya mah udah tua de, udah umur 30-an.. Saya lahir tahun 1974,, jadi umur berapa tuh?

A & R: Jadi..umur 34 ya? Sudah berkeluarga belom?

Heru: sudah, saya punya istri 1 dan sudah punya 2 anak..

A & R : ooo,, istri bapak ada di Jawa?

Heru : istri saya mah ada di jakarta de, anak anak juga ada disini.

A & R : Bapak udah ga pulang pulang ke jawa donk?

Heru : yah tetep pulank juga de, tiap 2 bulan sekali.. ngunjungin orang tua di kampung hehe..

A & R: hoo.. Bapak udah kerja berapa lama disini?

Heru: Udah lama kok....udah 10 tahun.

A & R: Kalau boleh tau, penghasilan Bapak sehari-hari berapa?

Heru: Mmm... Sehari sih 45 ribu, tapi itu kalau lagi banyak anteran barang de..

A & R: Ohhh, menurut Bapak, penghasilan Bapak itu cukup ga buat hidup sehari-hari dan menghidupi keluarga Bapak?

Heru: Yah...dicukup-cukupin sih.. Biasanya uang transportasi tiap hari 3 ribu...Makan pas kerja sekitar 15 ribu..

A & R: Menurut Bapak hidup sekarang dengan penghasilan segitu gimana?

Heru: Yah...Agak sulit ya sekarang..Apa-apa mahal...Mendingan pas tahun 1992,barang-barang pada murah...Kalau sekarang, penghasilan dan pengeluaran ga seimbang...Sekarang sering ngepas buat hidup sehari-hari...

A & R: Kalau buat Bapak, lebih enak kerja di Jakarta atau di Jawa?

Heru: Yah..tergantung de,, klo misalnya kerja di jakarta, enakan hidup di jakarta, tapi klo saya kerja di kampung, mendingan saya tinggal di kampung..

A & R : Oh gitu yah pak.. bisa ceritain tentang pekerjaan bapak ga?

Heru : Kerjaan saya seperti ini de, kalo sepi yah cuma jaga toko, duduk duduk, ngobrol ma yang laen, kayak makan gaji buta hahaha. Tapi kalau lagi ada pembeli saya menawarkan barang barang, motong kain dan mengantarkan barang ke tempat pembeli.. Kan kadang kadang ada yang mesen lewat telepon, minta dianterin barangnya.

A & R : Cukup melelahkan juga yah pak..

Heru : hahaha.. yah gitu de, namanya juga kerja.. Pasti ada suka dukanya..

A & R : hoo.. Suka dukanya gimana pak??

Heru : kalo senengnya cukup banyak juga de, temen temen disini enak, saya c betah kerja disini de, makanya ampe sekarang saya belom ada niat berhenti walaupun hidup makin susah..
kalo dukanya c biasanya kalau ketemu pembeli yang ngerepotin de.. nanya nanya tapi kalau balik ditanya malah diem, tapi ada juga yang gampang, sekali nanya dan ditawarin langsung jadi.

A & R : hahaha,, enak banget yah pak kalau ketemu pembeli yang kayak gitu tiap hari..

Heru : Ahaha,, yah iyah atuh de..

A & R : bapak dulu sebelum kerja disini pernah punya impian gitu ga pak?

Heru : oh ada de, dulu saya tuh pengen jualan sembako,, tapi sekarang kan saya udah di tanah abang gini, jadi pengennya sih jualan baju..

A & R : baju? baju jadi gitu yh pak?

Heru : iya, tapi saya maunya baju anak anak de, saya c maunya ga terus terusan kerja sama orang, mau buat usaha sendiri gitu hehe..

A & R : oohh.. moga moga impian bapak itu terwujud yah pak.. Kami bantu lewat doa deh hehehe

Heru : insyo'olo de, makasi yah de..

A & R : iyah,, sama sama juga pak.. kami juga ngucapin terima kasih ke bapak karena sudah bersedia kami wawancarai... Sekarang kami permisi dulu yah pak,, maaf sudah menganggu bapak kerja..

Heru : oh gapapa de, ga ganggu kok.. Ati ati yah de..

A & R : iya pak,, permisi..

sekian wawancara kami dengan pak Heru, seorang pekerja di sebuah toko di Pasar Tanah Abang blok A.



No comments: