Thursday, April 24, 2008

Refleksi Diri

Setelah mewawancarai seorang tukang sayur yang datang dari Jawa Tengah , dan harapan – harapan yang dia inginkan dan jawaban yang ia berikan pada saat saya dan Mendy bertanya mengenai pendapatannya yang ia dapatkan , apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari , ia menjawab pertanyaan tersebut dengan sederhana dan penuh makna menurut saya .” Walaupun tidak cukup , tetapi apa yang saya dapatkan ini tetap saya syukuri “.Itulah jawaban yang dia berikan untuk pertanyaan yang saya dan Mendy berikan .

Dari jawaban itu , saya merasa bahwa kemiskinan bukanlah suatu alasan untuk tidak mensyukuri apa yang kita dapatkan . Bahkan orang yang lebih kurang dibandingkan kita , bisa mensyukuri apa yang dia dapatkan .

Dari situ , saya bisa melihat kedalam diri saya sendiri bahwa, walaupun saat ini saya belum bekerja tetapi rasa bersyukur dalam diri saya masih sangat kurang. Jika dibandingkan dengan Mas Purwanto yang seorang tukang sayur . Yang mensyukuri dengan apa yang telah dia dapatkan .Jika diingat – ingat , saya suka mengeluh dengan hidup saya , yang monoton dan terkesan berat . Tetapi jika saya melihat ke mas Purwanto , hidupnya lebih berat dibandingkan dengan saya , ia bekerja dari pagi – siang dan ia juga harus mempersiapkan barang dagangannya dari subuh . Dan saya sendiri tidak perlu bekerja , tidak perlu masak air untuk mandi pagi saya .Semuanya telah ada di depan saya .

Oleh karena itu , dengan mengerjakan tugas ini saya lebih menghargai apa yang telah saya dapatkan , saya lebih menghargai apa yang telah saya dapatkan dan untuk hidup saya sendiri , saya akan berusaha untuk lebih SEMANGAT dan BERSYUKUR kepada TUHAN , karena TUHAN sudah mempunyai rencana bagi saya dan saya harus menjalani hidup saya sendiri dengan BERSYUKUR.

Astrid X.2/5

No comments: