Thursday, April 24, 2008

Refleksi Rissa X2/20

Setelah saya mewawancarai Pak Ian, pedagang es doger di depan sekolah, saya mendapatkan beberapa hal baik untuk dipelajari. Yang pertama adalah, kita harus mensyukuri segala sesuatu yang telah terjadi dalam hidup kita. Pak Ian telah mengajarkan kepada saya bahwa menjadi seorang pedagang es doger adalah salah satu hal yang patut ia syukuri dalam hidupnya karena itu adalah sebuah pekerjaan yang telah Tuhan anugerahkan kepadanya untuk menyambung hidupnya kelak. Daripada tidak ada pekerjaan sama sekali, lebih baik mensyukuri dan menjalani apa yang telah Tuhan rencanakan. Apapun yang telah Tuhan rencanakan untuk saya, hal tersebut pasti demi kebaikan saya nantinya, maka sudah seharusnya saya mensyukuri hal tersebut bukan?
Hal kedua yang saya pelajari adalah betapa pun sulitnya sesuatu itu dilakukan, saya tetap harus berusaha dalam melaksanakannya. Pak Ian berkata bahwa menjadi seorang pedagang es doger itu melelahkan, namun begitu, ia tetap berusaha untuk melakukan pekerjaan menjadi seorang pedagang es doger dengan sebaik- baiknya. Maka, saya harus menerapkan sebuah semangat untuk terus berusaha dalam kehidupan sehari-hari saya, baik dalam menghadapi berbagai masalah, maupun dalam menghadapi soal-soal sulit yang diberikan oleh guru-guru.
Dan hal terakhir yang telah saya pelajari dari seorang bapak yang telah menjadi pedagang es doger selama 5 tahun di depan Sekolah Santa Ursula adalah tidak mudah putus asa dan terus bersemangat! Banyak orang dan terkadang saya sering merasa putus asa terutama jika menghadapi soal-soal sulit yang diberikan oleh bapak dan ibu guru. Pak Ian telah mengajarkan kepada saya bahwa dalam hidup ini, kita harus tetap semangat dan jangan mudah menyerah. Karena selama nafas ini masih tetap Tuhan ijinkan kita miliki, selama itu pula Ia akan membukakan jalan bagi segala hal yang mungkin sulit ditangkap oleh akal sehat manusia. Selam itu pula, saya tidak boleh menyerah! Saya harus terus berjuang untuk berbagai macam hal dalam hidup ini.
Terima kasih Pak Ian, telah mengajarkan kepada saya kalau hal-hal kecil dari Tuhan pun harus disyukuri dan dijalani.

No comments: