Thursday, April 24, 2008

AYO BERSYUKUR *mendyx2-18

Tuhan menciptakan manusia tentu tidak sendirian di dunia dan juga tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Banyak sekali perbedaan yang muncul bila dibandingkan anatara manusia satu dengan manusia yang lain. Di antara perbedaan-perbedaan itulah diharapkan manusia bias saling memahami serta melengkapi satu sama lain, dengan rasa bersyukur pula tentunya. Itulah yang saat ini sering dilupakan oleh manusia, rasa syukur. Seperti yang telah diungkapkan tadi, manusia diciptakan dengan segala perbedaan yang ada termasuk perbedaan kaya dan miskin.

Sore tadi saya bertemu dengan seorang tukang sayur bernama Mas Purwanto yang kemudian saya berikan beberapa pertanyaan. Mendengar dari jawaban-jawaban akan pertanyaan yang saya ajukan kepadanya, saya merasa kagum atas kegigihannya demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Bahkan ia rela pindah dari kota asalnya yaitu Jawa Timur ke Jakarta hanya untuk mengadu nasib. Dia mengaku bahwa sesungguhnya pendapatan yang dia dapatkan sekarang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya tetapi meskipun begitu, ia tetap merasa bersyukur pada Tuhan. Terus terang saya terkejut mendengarnya dan sedikit merasa terhentak karena Mas Purwanto yang kebutuhannya belum cukup saja sudah mengerti akan bersyukur, sedangkan saya yang bias dibilang tidak perlu repot memikirkan kebutuhan karena masih bergantung pada orang tua saja kurang sekali bersyukur.

Seringkali saya merasa tidak puas akan apa yang telah dimiliki sehingga selalu mau lebih dan lebih. Padahal di luar sana masih banyak orang yang tidak bias mendapatkan apa yang diinginkannya. Tak jarang saya malas-malasan sekolah padahal diluar sana banyak anak jalanan yang sangat berkeinginan untuk sekolah, atau saat saya pilih-pilih makan, padahal di luar sana banyak sekali orang yang tidak bisa memilih makanan, bahkan mereka makan nasi aking.

Dari situlah saya yang selama ini kurang mensyukuri apa yang saya punya menjadi tersadar, bahwa saya harus selalu bersyukur segala anugerah yang didapat dariNya. Maka, mulai saat ini saya akan membiasakan diri saya untuk selalu bersyukur kepadaNya. J

MENDY

X2-18

No comments: