Wednesday, April 23, 2008

Hasil wawancara Cella (14) dan Tivia (27)

Pedagang Minuman

Bu, Cecil ini hasil wawancara kami (Cella dan Tivia) dengan salah satu pedagang kaki lima yang berjualan minuman di depan gedung pos

CT : Permisi pak, kami mendapat tugas dari sekolah untuk
wawancara. Boleh kami minta waktu sebentar untuk
mewawancarai bapak ?
P : Oooohhhh, boleh...boleh...silahkan....
CT : Pak, kalau boleh tau nama bapak siapa ?
P : Nama saya Pak Norsal
CT : Bapak tinggalnya dimana ?
P : Oh...saya tinggal di Cakung
CT : Siapa saja yang tinggal dengan bapak ?
P : Saya tinggal sama kakak saya
CT : Lalu bagaimana dengan istri dan anak bapak ?
P : Anak dan istri saya ada di kampung
CT : Oh, lalu kampung bapak dimana ?
P : Kampung saya di Padang.
CT :anak bapak berapa?
P : Anak saya ada 4, cucu saya ada 2.
CT : Ooohhh bapak sudah punya cucu ya! Apakah anak bapak masih ada yang bersekolah ?
P : Oh...masih ada satu yang sekolah di kampung, tetapi sebentar lagi sudah mau selesai.
CT: Bapak sudah berapa lama berjualan minuman di tempat ini ?
P : Oh... Saya sudah 2 tahun berjualan minuman disini. Dulu saya juga pernah jualan benda – benda pos di sekitar kantor pos, tapi waktu itu saya digusur.
CT : Loh, kenapa bisa digusur pak?
P : Saya juga kurang tau waktu itu pedagang kaki lima tidak boleh berjualan di sekitar sini.
CT : Selain itu ada lagi, tidak?
P : Ada, saya juga dulu pernah dagang kain dan menjadi tukang parkir.
CT : Oh begitu. Kira – kira berapa keuntungan yang bapak dapat dari penjualan minuman ini ?
P : Yah...sekitar Rp 100.000,00.
CT : Selama berjualan sebagai penjual minuman disini ada pembeli yang pernah mengutang, tidak Pak ?
P : O.. paling ada anak kecil yang suka minta jajan. Kalau yang mengutang sih belum ada.
CT : Banyak anak sekolah yang suka membeli minuman di tempat bapak, tidak Pak ?
P : Jarang... kalau anak sekolah jarang ada yang beli di sekitar sini.
CT : Bapak ada teman tidak yang berjualan di sekitar sini juga ?
P : Oh...ada... Sekarang sedang berjualan didalam, tetapi saya tidak dapat tempat di dalam, jadi saya berjualan di luar.
CT : Sekarang bapak berumur berapa ?
P : Umur saya 60 lebih.
CT : Pernah tidak Pak, dalam sehari sepi tanpa pembeli ?
P : O.. Kalau itu sih tidak pernah
CT : Dengan pendapatan Bapak sekarang ini sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga, tidak pak?
P : Cukup...soalnya anak saya sudah besar – besar, jadi bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Tetapi kadang – kadang saya juga mengirim uang kepada anak dan istri dikampung.
CT : Istri Bapak di kampung kerjanya apa ?
P : Petani, sekaligus buka warung di dekat sekolah.
CT : Oh ya selain berjualan disini, bapak berjualan dimana lagi?
P : Tidak ada, saya hanya berjualan disini.
CT : Oooooo iya..iya.. Kira – kira ada tidak keinginan Bapak yang belum terwujud sampai saat ini?
P : Ada sih...
CT : Kalau boleh tau apa itu pak ?
P : Buka toko.
CT : Ohhh begitu. Oh ya apalagi yahhh?????
Kayaknya cukup segini saja yah pak. Sudah dulu ya pak!
Terima kasih atas waktunya yah pak....
P : Ya, sama sama
T : Hmmmmm pak, saya mau beli aqua gelas ya, 2 buah.
C : Saya juga beli teh botol ya pak.
P : iya...iya...
CT : Terima kasih, pak
P : Ya, sama sama

Daftar beberapa minuman jualan Pak Norsal:
- Aqua (gelas dan botol)
- Ades
- Teh botol
- Fanta
- Nu green tea
- Ale-ale
- Estea
- Jelly drink
- Mizone, dll.
Bu, ini fotonya (yang pedagangnya sendiri)
NB : Yang ada kami berduanya menyusul ya. Soalnya hand phonenya sedang kena virus, jadi tidak bisa dibuka
NB : P : pedagang
CT : Cella dan Tivia

3 comments:

Paresmapa 21 said...

terimakasih bos, ohya bahasanya di perhalus

Unknown said...

Boleh yah copy?

Unknown said...

Boleh yah copy ?